Kamis, 06 November 2008

Analisis 3

www.petra.ac.id/~puslit/journals/pdf.php?PublishedID=MAN07090107

ANALISIS JURNAL
Pengaruh Nilai Pelanggan, Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Perbankan Di Sulawesi Selatan
Alida Palilati
Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Haluoleo Kendari, Sulawesi Selatan
Email: alyda_palitati@yahoo.com

A. HIPOTESIS
H1 : Persepsi nilai dari kinerja Atribut-Atribut Tabungan yang diterima oleh nasabah berpengaruh signifikan dan positif terhadap tingkat kepuasan adequate

H2 : Persepsi nilai dari kinerja Atribut-Atribut
Tabungan yang diterima oleh nasabah berpengaruh signifikan dan positif terhadap tingkat kepuasan desired nasabah terhadap bank yang dipilih sebagai tempat untuk menabung.

H3 : Tingkat kepuasan adequate nasabah atas kinerja atribut-artibut tabungan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap tingkat Loyalitas kepada bank.

H4 : Tingkat kepuasan desired nasabah atas kinerja atribut-artibut ta-bungan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap tingkat Loyalitas kepada bank.

H5 : Ada Hubungan langsung yang signifikan antara nilai dengan loyalitas nasabah kepada bank tempat menabung.

B. SUBJEK PENELITIAN
1. Populasi Penelitian
Populasi penelitian ini adalah para nasabah bank umum, baik pemerintah maupun swasta yang ada di wilayah propinsi Sulawesi Selatan.

2. Sampel Penelitian.
Besarnya sample ditentukan sebagai berikut:
a. Besarnya sample total minimal 912 orang. Untuk penelitian ini sample yang diambil sebanyak 1346 orang nasabah.

C. METODE PENGUMPULAN DATA
Pengumpulan data dilaksanakan dalam satu periode waktu (cross sectional), selama 3 (tiga) bulan,dengan beberapa tahapan yaitu:

D. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut di atas maka, ada dua bentuk (pola) hubungan yang dapat terbentuk dari hubungan antara variabel Nilai dengan variabel Loyal. Hubungan yang pertama adalah hubungan tidak langsung yang signifikan negatif antara variabel Nilai pelanggan dengan Loyalitas melalui variabel Kepuasan sebagai variabel moderator (juga sebagai mediator); dan hubungan yang kedua adalah adanya hubungan langsung yang signifikan positif antara Nilai dengan Loyalitas.

Analisis 2

www.pascaunhas.net/jurnal_pdf/an_1_2/alida-2.pdf

PENGARUH TINGKAT KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH TABUNGAN PERBANKAN DI WILAYAH ETNIK BUGIS
Alida Palilati
Staf Pengajar pada Fakultas Ekonomi, Universitas Haluoleo, Kendari

A. HIPOTESIS
H1: Tingkat kepuasan adequate nasabah atas kinerja atribut-artibut tabungan berpengaruh
secara signifikan dan positif terhadap tingkat Loyalitas kepada bank.

H2: Tingkat kepuasan desired nasabah atas kinerja atribut-artibut tabungan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap tingkat Loyalitas kepada bank.

B.SUBJEK PENELITIAN
Populasi penelitian ini adalah para nasabah bank umum, baik pemerintah maupun swasta
yang ada di wilayah etnis Bugis.

C. TEKNIK PENGUMPULAN DATA
Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner dan wawan-cara.

D. HASIL DAN PEMBAHASAN
Tinggi rendahnya tingkat kepuasan yang dirasakan oleh nasabah tergantung pada besarnya selisih antara nilai yang diterima atau dirasakan setelah mengkonsumsi produk atau jasa dengan tingkat harapan yang cukup atau yang diinginkan oleh nasabah.
Jika nilai yang diterima sama dengan cukup (kepuasan adequate) atau sama dengan yang diinginkan (desired) maka konsumen dianggap puas. Sedangkan jika nilai lebih besar (+1 hingga +3), maka konsumen dikatakan sangat puas. Dan jika nilai lebih kecil dari harapan, atau tingkat ke-puasan lebih kecil dari 1 (-1 hingga -3), maka konsumen dikatakan tidak puas. Semakin tinggi atau besar nilai selisih positif, menunjukkan semakin tinggi tingkat kepuasan yang dirasakan. Dan sebaliknya semakin besar nilai negative (absolud), maka dapat dikatakan pelanggan semakin tidak puas. Hasil analisis faktor ke-12 indikator variable kepuasan adequate, mempunyai hubungan yang signifikan, reliable dan valid dengan konstruknya (lihat table 1). Variable–variabel yang mempunyai loading faktor terbesar antara lain adalah Profesionalisme Staff 0.86; Hubungan 0.83; Citra 0.81; dan Kecepatan 0.78. Berdasarkan table di atas nampak pula rata-rata semua variable indikator yang ada telah cukup melebihi harapan nasabah (bernilai positif), kecuali tingkat suku bunga yang bernilai negatif. Kinerja terbaik antara lain adalah terhadap Fungsi Transaksi sebesar 76.9 %, Fungsi Pemindahbukuan 73 %; hubungan interaktif 74.9 %; Citra bank 72.8 %; Profesionalisme staff 74.4 %. Terendah adalah variable tingkat bunga tabungan sebesar 62.1 %; dan variable hadiah 55.6 %.