Kamis, 18 September 2008

NAMA :ETA NOVITA

KELAS : 3EA01

ALAMAT : http://www.petra.ac.id/~puslit/journals/request.php?PublishedID=MAN01030201




Analisis Jurnal

Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Terhadap Tingkat

Penjualan di Warung Bu Kris


A. HIPOTESIS

H1: Diduga ada asosiasi positif antara kepuasan dan loyalitas

H2: Diduga ada asosiasi positif antara kepuasan dan loyalitas terhadap tingkat penjualan di Warung Bu Kris.

B. ANALISIS DATA

  1. Analisis deskriptif untuk mengetahui gambaran responden terhadap menu ayam penyet dilihat dari variabel kepuasan serta loyalitas responden.
  2. Analisis korelasi untuk mengetahui adakah keterkaitan antara variabel yang satu dengan variabel yang lain.

C. SUBYEK PENELITIAN

1. Populasi

Penelitian ini dilakukan di Warung Bu Kris yang berlokasi di daerah Manyar

Kertoarjo, Surabaya. Yang menjadi menjadi populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang makan di Warung Bu Kris

2. Sampel

Untuk survei awal dalam penelitian ini, diambil sampel penelitian sebanyak 60 orang responden, dan untuk survei lanjutan sebanyak 200 orang responden.

D. TEKNIK PENGUMPULAN DATA

Dalam penyusunan penelitian ini dilakukan pengumpulan data dengan metode survei melalui dua tahap, yaitu studi awal dan studi lanjutan yang keduanya menggunakan kuesioner..

E. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

1. Berdasarkan pada hasil perhitungan dengan menggunakan rumus Weighted Mean diperoleh hasil sebagai berikut: Weighted Mean Ayam Penyet = 4,4576 ; Weighted Mean Empal Penyet = 4,3076 ; Weighted Mean Bakwan Penyet = 4,2058 ; Weighted Mean Galantine = 4,120 ; Weighted Mean Tempe Penyet = 4,0434

Dari data di atas dapat dilihat bahwa Ayam Penyet merupakan menu unggulan dari Warung Bu Kris karena memiliki nilai Weighted Mean yang terbesar.

2. Kepuasan Pelayanan, Z = 3,1426

Kepuasan Pelayanan mempunyai probabilitas 0,99 dan significance level 99% tolak

Ho, maksudnya peluang untuk terjadinya korelasi lebih dari 0,4.

Dapat disimpulkan bahwa terdapat asosiasi antara kepuasan dan loyalitas, dimana probabilitas terbesar yang paling mempengaruhi loyalitas adalah"Kepuasan Pelayanan"

  1. Dapat disimpulkan bahwa terdapat asosiasi antara kepuasan dan loyalitas terhadap tingkat penjualan di Warung Bu Kris. Dimana probabilitas terbesar yang paling berpengaruh terhadap tingkat penjualan adalah "Loyalitas" dengan Z = 3,3251 mempunyai probabilitas 0,99 dan significant level 99% tolak Ho,maksudnya peluang untuk terjadinya korelasi lebih dari 0,1.

0 komentar: