Kamis, 06 November 2008

Analisis 3

www.petra.ac.id/~puslit/journals/pdf.php?PublishedID=MAN07090107

ANALISIS JURNAL
Pengaruh Nilai Pelanggan, Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Perbankan Di Sulawesi Selatan
Alida Palilati
Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Haluoleo Kendari, Sulawesi Selatan
Email: alyda_palitati@yahoo.com

A. HIPOTESIS
H1 : Persepsi nilai dari kinerja Atribut-Atribut Tabungan yang diterima oleh nasabah berpengaruh signifikan dan positif terhadap tingkat kepuasan adequate

H2 : Persepsi nilai dari kinerja Atribut-Atribut
Tabungan yang diterima oleh nasabah berpengaruh signifikan dan positif terhadap tingkat kepuasan desired nasabah terhadap bank yang dipilih sebagai tempat untuk menabung.

H3 : Tingkat kepuasan adequate nasabah atas kinerja atribut-artibut tabungan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap tingkat Loyalitas kepada bank.

H4 : Tingkat kepuasan desired nasabah atas kinerja atribut-artibut ta-bungan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap tingkat Loyalitas kepada bank.

H5 : Ada Hubungan langsung yang signifikan antara nilai dengan loyalitas nasabah kepada bank tempat menabung.

B. SUBJEK PENELITIAN
1. Populasi Penelitian
Populasi penelitian ini adalah para nasabah bank umum, baik pemerintah maupun swasta yang ada di wilayah propinsi Sulawesi Selatan.

2. Sampel Penelitian.
Besarnya sample ditentukan sebagai berikut:
a. Besarnya sample total minimal 912 orang. Untuk penelitian ini sample yang diambil sebanyak 1346 orang nasabah.

C. METODE PENGUMPULAN DATA
Pengumpulan data dilaksanakan dalam satu periode waktu (cross sectional), selama 3 (tiga) bulan,dengan beberapa tahapan yaitu:

D. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut di atas maka, ada dua bentuk (pola) hubungan yang dapat terbentuk dari hubungan antara variabel Nilai dengan variabel Loyal. Hubungan yang pertama adalah hubungan tidak langsung yang signifikan negatif antara variabel Nilai pelanggan dengan Loyalitas melalui variabel Kepuasan sebagai variabel moderator (juga sebagai mediator); dan hubungan yang kedua adalah adanya hubungan langsung yang signifikan positif antara Nilai dengan Loyalitas.

0 komentar: