Senin, 22 Februari 2010

Berkembangnya Restoran-Restoran Cepat Saji

Berkembangnya Restoran-Restoran Cepat Saji

Oleh: Eta Novita


Sekarang ini persaingan bisnis di bidang pangan sangatlah pesat, banyak entrepreneur yang membuka restoran-restoran dari yang berskala kecil hingga berskala besar. Namun usaha yang sangat pesat ialah restoran-restoran yang menyajikan makanan cepat saji. Dapat dilihat pada setiap pusat perbelanjaan sangatlah banyak restoran yang berkonsep makanan cepat saji. Konsepnya pun beragam terdiri dari restoran cepat saji yang menyajikan makanan ala western food seperti fried chicken, hamburger, sandwich. Italian food seperti spaghetti, lasagne, macaroni. Dan juga ala japannese food seperti ebi katsu, tempura, teriyyaki dan lain-lain.
Tetapi justru makanan cepat saji tersebut yang sangat diminati oleh konsumen. Itu semua dapat dilihat dari banyaknya customer yang lebih memilih mendatangi restoran cepat saji dibandingkan restoran lain. Dapat dimaklumi mengapa konsumen lebih menyukai untuk mendatangi retoran cepat saji yaitu adalah karena harga yang ditawarkan oleh restoran cepat saji lebih murah, selain itu pada restoran cepat saji biasanya menawarkan makanan berupa paket-paket yang tentunya sangat menarik sehingga konsumen lebih suka memilih menu paket yang ditawarkan oleh restoran cepat saji tersebut.
Walaupun sebenarnya rasa maupun kualitas dari makanan tersebut sangatlah berbeda dengan makanan yang bukan dari restoran yang berkonsep cepat saji. Tetapi itu semua tidak menjadi alasan untuk tidak membeli makanan dari restoran cepat saji. Permintaan konsumen untuk makanan cepat saji sangatlah besar sehingga bertambah banyaknya restoran-restoran yang berkonsep menyajikan makanan cepat saji. Banyaknya permintaan sehingga timbul pula penawaran yang ikut pula berkembang pesat.
Banyaknya minat konsumen untuk lebih memilih makanan cepat saji pun kembali lagi kepada kondisi ekonomi masyarakat yang berpendapatan cukup, sehingga minat atau keinginan untuk membeli makanan cepat saji lebih tinggi karena dilihat dari segi harga yang jauh lebih murah dan ditawarkan dengan berbagai macam paket-paket yang lebih ekonomis.
Oleh sebab itu lah restoran yang menyajikan makanan cepat saji sangat berkembang pesat karena minat konsumen pun tinggi atas makanan tersebut. Konsumen dapat menikmati makanan dengan ala dari luar negri yaitu western, italian, japanesse food dan lain-lain.

0 komentar: